TIPS MENGATASI SEMBELIT SAAT BERPUASA

INFO KESEHATAN- Apakah anda punya masalah sembelit saat puasa? Rasanya menggangu sekali, bukan? Masalah sembelit saat puasa memang sering terjadi, hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan, karena berpuasa. Ya, jika sebelumnya di siang dan pagi hari Anda mengkonsumsi teh ataupun bergelas-gelas air, dibulan puasa Anda harus menunggu berbuka untuk meminum air putih kembali.  Apalagi jika saat sahur asupan cairan Anda tidak terpenuhi dengan baik, maka masalah sembelit ini bisa menhantui hari-hari Anda selama satu bulan berpuasa.
Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang kaya akan serat sangat dianjurkan saat bulan puasa. Kebanyakan orang mengikuti hawa nafsunya saja saat sahur dan berbuka. Terkadang, orang-orang terlihat begitu lapar mata, sehingga membeli semua makanan untuk hidangan berbuka tanpa memperhatikan apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan mereka atau tidak.
Gorengan menjadi salah satu makanan favorit saat berbuka puasa. Padahal, gorengan ini merupakan makanan yang bisa memicu terjadinya sembelit, karena mengandung zat tepung dan gula yang tinggi. Jika Anda hanya mengkonsumsi gorengan saat berbuka tanpa di imbangi dengan buah-buahan dan air putih yang cukup, maka zat tepung pun akan sulit dicerna, sehingga menyebabkan Anda menjadi terkena sembelit.
Lalu seperti apa solusinya?
1.      Yang pertama perlu Anda lakukan adalah penuhi nutrisi di tubuh Anda dengan makanan yang seimbang. Anda perlu menambah asupan buah dan sayuran saat berbuka di bulan puasa, mengingat Anda akan lebih banyak ngemil makanan karbohidrat tinggi saat berbuka.
2.      Buah kurma terbilang sebagai buah dengan kadar serat yang tinggi, yang bisa membantu pencernaan menjalankan fungsinya dengan lebih maksimal. Inilah sebabnya mengapa buah kurma menjadi buah yang sangat dianjurkan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi buah kurma, diharapkan penyakit sembelit saat puasa akan segera teratasi.
3.      Olahraga ringan setiap hari juga bisa menjadi salah satu alternative untuk membuat saluran cerna tetap aktif bergerak. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup sedikit lebih banyak bergerak dari biasanya, sudah memberikan kesempatan bagi organ di tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan lebih baik.
Jika masalah sembelit saat puasa belum juga teratasi, jangan lantas menggunakan obat pencahar, karena efek obat pencahar justru bisa membuat usus Anda bekerja lebih malas. Cobalah melakukan diet rendah karbohidrat dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Bukan berarti Anda sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat, tapi  hanya mengurangi porsinya.

Demikian pembahasan tentang TIPS MENGATASI SEMBELIT SAAT BERPUASA ini kami sajikan, semoga bermanfaat. Silahkan anda baca artikel yang sebelumnya yang bisa membuat anda mengetahui lebih banyak tips kesehatan, di antaranya Pola Hidup Sehat dan 4 Masalah Kesehatan Akibat Sering  Naik Pesawat Terbang

0 Response to "TIPS MENGATASI SEMBELIT SAAT BERPUASA"

Posting Komentar