Stress Dapat Mengganggu Siklus Menstruasi Menjadi Tidak Teratur

INFO KESEHATAN- Apakah anda mulai cemas karena siklus menstruasi tidak teratur? Coba ingat-ingat lagi bagaimana gaya hidup Anda akhir-akhir ini. Apakah Aktivitas Anda cukup padat? Apakah Anda sedang memiliki masalah dengan rekan kerja? Jika ya, pertanyaan terakhir yang perlu Anda jawab adalah, apakah semua hal tersebut membuat Anda stress?

Ya, stress adalah salah satu hal yang harus bertanggung jawab jika siklus menstruasi Anda tidak teratur. Dan, secara ilmiah hal ini memang sangat mungkin terjadi. Oleh karenanya, tidak mengherankan ketika tiba-tiba saja seorang wanita yang akan menikah tiba-tiba dibuat cemas karena telat datang bulan. Bisa jadi persiapan pernikahan yang membuat ia stress.
Dikutip dari artikel dalam everydayhealth yang ditulis oleh Melanie Winderlich, yang merangkum review dari Pat F. Bass III, MD., MPH, disebutkan bahwa stress akan mempengaruhi sistem kerja dari hipotalamus. Hipotalamus sendiri merupakan organ yang bertanggung jawab pada control kelenjar pituitary, yang memegang control kelenjar tiroid, adrenalin dan ovarium. Ketiga kelenjar ini akan bekerja bersama-sama dalam mengatur stabilitas dan keseimbangan hormon di tubuh manusia.
Ketika kelenjar ovarium kehilangan fungsinya, maka hal inilah yang menjadi masalah pada produksi hormon pada wanita, tepatnya hormon esterogen. Gangguan pada keseimbangan hormon esterogen ini akan mempengaruhi proses ovulasi atau pembuahan dan beragam proses reproduksi dalam tubuh wanita.
Hormon esterogen merupakan hormon yang juga sangat berperan dalam tubuh dalam mempersiapkan kehamilan, pada seorang wanita. Tentu saja, masalah dalam produksi hormon ini, mau tidak mau juga akan menyebabkan gangguan pada siklus ovulasi termasuk siklus menstruasi. Inilah penyebab mengapa siklus menstruasi tidak teratur, ketika Anda terkena stress.
Bagaimanapun, masalah pasti ada. Jika masalah itu menjadikan Anda stress, hal tersebut bukan hanya mengganggu kesehatan Anda, seperti menyebabkan maag, sulit tidur, detak jantung kencang, tapi juga akan mempengaruhi Anda secara hormonal, seperti mudah cemas, bad mood dan salah satunya mengganggu siklus menstruasi Anda.
Jika Anda sedang mengalami gangguan siklus mentruasi, cobalah mengingat sejauh mana stress telah menenggelamkan Anda. Mungkin, saatnya Anda menjalani rileksasi sejenak!

Demikian pembahasan tentang Stress, Dapat Mengganggu Siklus Menstruasi Menjadi Tidak Teratur ini kami sajikan, semoga bermanfaat. Silahkan anda baca artikel yang sebelumnya yang bisa membuat anda mengetahui lebih banyak tips kesehatan, di antaranya Teryata Menulis itu Menyehatkan JugaMencerdaskan dan Penglihatan Buram,Belum Tentu Mata Minus

0 Response to "Stress Dapat Mengganggu Siklus Menstruasi Menjadi Tidak Teratur"

Posting Komentar